DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI ...........................................................................................................................
I
DAFTAR TABEL
..................................................................................................................
II
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................................
3
LATAR BELAKANG
............................................................................................................
3
TUJUAN PENELITIAN
........................................................................................................
3
MANFAAT PENELITIAN
....................................................................................................
3
BAB II KAJIAN PUSTAKA
.................................................................................................
4
DEFINISI KEBERSIHAN
....................................................................................................
4
FUNGSI TOILET
..................................................................................................................
4
BAB III METODE PENELITIAN
.......................................................................................
4
METODE PENLITIAN
.........................................................................................................
4
POPULASI DAN DAN SAMPEL
.........................................................................................
4
BAB IV PEMBAHASAN ......................................................................................................
5
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
............................................................... 6
KESIMPULAN
........................................................................................................................6
REKOMENDASI
..................................................................................................................
6
DAFTAR TABEL
Tabel
1.1....................................................................................................................................
5
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam
proses belajar mengajar di sekolah, fasilitas atau sarana dan prasarana merupakan
salah satu bagian yang paling penting, karena dapat membantu kelancaran dan
kenyamanan dalam proses belajar di sekolah
Wc umum
merupakan salah satu di dalammnya yang sering digunakan oleh para siswa.
Wc yang bersih, sehat, wangi, dan nyaman merupakan wc yang sangat
diinginkan dan diidamkan oleh semua siswa.
Setelah
kira-kira bersekolah di SMAN 2 selama 3 bulan, kami merasa risih karena
fasilitas toilet yang sedikit tidak layak pakai karena bak yang lumutan dan
juga sudah ada sarang laba-labanya, beberapa pintu yang sudah tidak bisa
dikunci lagi karena memang tidak ada slotnya, wc yang bau tidak sedap dan kalau
musim kemarau tidak ada airnya. Disini diharapkan agar kesadaran bagi siswa
pengguna toilet agar menjaga fasilitas yang belum tercemari agar tidak
bertambah toilet yang tercemar oleh bau tak sedap. Karena bersih itu adalah
jalan menuju kesehatan.
B. Rumusan
Masalah
- Bagaimana agar wc
sekolah tetap bersih?
- Apa sebenarnya pengertian
dari kebersihan?
- Apa akibat tidak menjaga
kebersihan kamar mandi?
- Mengapa menjaga kebersihan
kamar mandi itu sangat penting?
- Apa Peran Siswa dalam
Menjaga dan Merawat Fasilitas Sekolah?
C. Tujuan
- Untuk meningkatkan kesadaran
para siswa agar lebih peduli dengan lingkungannya(wc sekolah)
- Untuk meningkatkan sikap bertanggung
jawab terhadap penggunaan fasilitas sekolah
D. Manfaat Penelitian.
·
Agar
kita tahu bagaimana cara agar toilet di SMAN 2 menjadi lebih bersih dan lebih
harum.
·
Menjauhkan
kita dari penyakit yang bisa bersarang di toilet yang kotor.
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA
A.
Definisi Dari Kebersihan
Kebersihan
adalah kondisi dimana keadaan bebas darikotoran termasuk diantaranya debu,
sampah, dan bau. Kebersihan juga bisa dibilang sebagai salah satu tanda dari
keadaan higiene yang baik. Kebersihihan lingkungan adalah kebersihan tempat
tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum.
B.
Fungsi Toilet Disekolah
Fungsi
toilet disekolah memang tidak begitu penting jika di bandingkan dengan kelas,
perpustakan, ataupun yang lainya. Tetapi jika toilet tidak ada disekolah atau
wc tersebut tidak bekerja dengan sempurna maka kita akan merasa bahwa akan ada
yang kurang dari sekolah tersebut. Fungsi toilet yang sebenarnya memang hanya
untuk MCK (mandi, cuci dan kakus) tetapi toilet juga bisa digunakan untuk
mencari inspirasi dan lain-lain.
BAB
3 METODE PENELITIAN
A.
Metode Penelitian
Metode
penelitian yang kami pilih untuk menyelesaikan masalah dan menjawab rumusan
masalah adalah dengan mengguna metode penelitian yang berupa survey karena
memang ini yang sangat cocok untuk dilakukan dilingkungan sekolah sekolah kami
yang memiliki lebih dari 700 siswa-siswi.
B.
Populasi Dan Sampel
Dari
700 siswa/siswi yang berada di SMAN 2 kami hanya memilih beberapa orang siswa
dari beberapa kelas yang ada si sekolah kami. Sampel yang kami ambil berjumlah
30 (tiga-puluh) orang yang diambil dari 6 kelas yang berbeda yaitu 2 dari kelas
10, 2 dari kelas 11, dan 2 lagi dari kelas 12. Tentu saja kami mengambilnya
secara acak dan tidak ada rekayasa.
BAB
4 PEMBAHASAN
Setelah
kami melakukan survey ini lah hasil yang kami dapatkan;
Soal:
No
|
Soal
|
Kelas 10
|
Kelas 11
|
Kelas 12
|
|||||||
Ya
|
Tidak/Jarang
|
Tidak Sama Sekali
|
Ya
|
Tidak/Jarang
|
Tidak Sama Sekali
|
Ya
|
Tidak/Jarang
|
Tidak Sama Sekali
|
|||
1
|
Apakah diadakan jadwal piket untuk untuk menjaga kebersihan
toilet?
|
8
|
1
|
1
|
10
|
|
|
8
|
2
|
|
|
2
|
Apakah disediakan peralatan yang untuk menjaga agar toilet
selalu bersih dan harum?
|
4
|
6
|
|
8
|
2
|
7
|
3
|
|
|
|
3
|
Apakah air memadai didalam bak toilet?
|
|
9
|
1
|
3
|
7
|
|
|
9
|
1
|
|
4
|
Apakah toilet sering dibersihkan?
|
1
|
8
|
1
|
4
|
6
|
|
4
|
6
|
|
|
5
|
Apakah setelah anda membuang air anda sering menyiram toilet?
|
10
|
|
|
10
|
|
|
10
|
|
|
|
6
|
Menurut anda bagaiman cara untuk menjaga kebersihan toilet dan
mempertahankannya
|
Dibersihkan dan diberi pewangi dan juga setelah menggunakan
toilet segera disiram atau dibersihkan.
|
Dengan cara menyiram setelah membuang air kecil, menjalankan
jadwal piket yang sudah ada dan menyediakan pengharum toilet.
|
Dengan cara selalu membersihkan toilet, mencukupi ketersediaan
air, menyiram toilet setelah mengunakannya.
|
|||||||
Tabel
1.1
Jawaban
diatas adalah jawaban yang paling banyak di tulis oleh responden. Tetapi kaim
juga menerima jawaban yang sangat bagus dari kak Amalah dari kelas XII MIA 4,
jawabanya sebagai berikut : “Menurut saya toilet itu harus selalu mempunyai air
didalam bak. Karena salah satu penyebab seseorang tidak menyiram toilet karena
tidak adanya air didalam bak, kemudian berikan tanggung jawab kepada kelas yang
berada didekat toilet sehingga saat mengkoordinirnya lebih mudah dan bentuklah
Tim Kedisplinan Kebersihan (TKK). ”
BAB
5 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.
Kesimpulan
Kesimpulan
yang dapat kami dapat dari penelitian ini adalah bahwa;
1. Banyak yang sutuju dengan kami
bahwa toilet disekolah kami kurang nyaman.
2. Kami juga mengetahui bagaimana
caranya agar toilet menjadi bersih dengan melakukan penelitian ini.
B.
Rekomendasi
Jika ingin melakukan penelitian
yang selajuntnya lebih baik jika membuat lebih banyak pertanyaan agar mencakup
keseluruhan masalah dari mulai penyebab sampai akibat. Agar dapat menyelesaikan
masalah sampai ke akar-akarnya.
Izin copas
BalasHapus