Kamis, 03 Desember 2015

Makalah Geografi Tentang Toilet Sekolah

DAFTAR ISI



DAFTAR ISI ........................................................................................................................... I
DAFTAR TABEL .................................................................................................................. II

BAB I PENDAHULUAN........................................................................................................ 3
LATAR BELAKANG ............................................................................................................ 3
TUJUAN PENELITIAN ........................................................................................................ 3
MANFAAT PENELITIAN .................................................................................................... 3

BAB II KAJIAN PUSTAKA ................................................................................................. 4
DEFINISI KEBERSIHAN .................................................................................................... 4
FUNGSI TOILET .................................................................................................................. 4

BAB III METODE PENELITIAN ....................................................................................... 4
METODE PENLITIAN ......................................................................................................... 4
POPULASI DAN DAN SAMPEL ......................................................................................... 4

BAB IV PEMBAHASAN ...................................................................................................... 5

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI ............................................................... 6
KESIMPULAN ........................................................................................................................6
REKOMENDASI .................................................................................................................. 6

DAFTAR TABEL

Tabel 1.1.................................................................................................................................... 5























BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, fasilitas atau sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian yang paling penting, karena dapat membantu kelancaran dan kenyamanan dalam proses belajar di sekolah
Wc umum merupakan salah satu di dalammnya yang sering digunakan oleh para siswa. Wc  yang bersih, sehat, wangi, dan nyaman merupakan wc yang sangat diinginkan dan diidamkan oleh semua siswa.
Setelah kira-kira bersekolah di SMAN 2 selama 3 bulan, kami merasa risih karena fasilitas toilet yang sedikit tidak layak pakai karena bak yang lumutan dan juga sudah ada sarang laba-labanya, beberapa pintu yang sudah tidak bisa dikunci lagi karena memang tidak ada slotnya, wc yang bau tidak sedap dan kalau musim kemarau tidak ada airnya. Disini diharapkan agar kesadaran bagi siswa pengguna toilet agar menjaga fasilitas yang belum tercemari agar tidak bertambah toilet yang tercemar oleh bau tak sedap. Karena bersih itu adalah jalan menuju kesehatan.

B.    Rumusan Masalah
  • Bagaimana agar wc sekolah tetap bersih?
  • Apa sebenarnya pengertian dari kebersihan?
  • Apa akibat tidak menjaga kebersihan kamar mandi?
  • Mengapa menjaga kebersihan kamar mandi itu sangat penting?
  • Apa Peran Siswa dalam Menjaga dan Merawat Fasilitas Sekolah?
C.    Tujuan
  • Untuk meningkatkan kesadaran para siswa agar lebih peduli dengan lingkungannya(wc sekolah)
  • Untuk meningkatkan sikap bertanggung jawab terhadap penggunaan fasilitas sekolah
D.    Manfaat Penelitian.
·         Agar kita tahu bagaimana cara agar toilet di SMAN 2 menjadi lebih bersih dan lebih harum.
·         Menjauhkan kita dari penyakit yang bisa bersarang di toilet yang kotor.

BAB 2 KAJIAN PUSTAKA
A.          Definisi Dari Kebersihan
Kebersihan adalah kondisi dimana keadaan bebas darikotoran termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Kebersihan juga bisa dibilang sebagai salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Kebersihihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum.
B.           Fungsi Toilet Disekolah
Fungsi toilet disekolah memang tidak begitu penting jika di bandingkan dengan kelas, perpustakan, ataupun yang lainya. Tetapi jika toilet tidak ada disekolah atau wc tersebut tidak bekerja dengan sempurna maka kita akan merasa bahwa akan ada yang kurang dari sekolah tersebut. Fungsi toilet yang sebenarnya memang hanya untuk MCK (mandi, cuci dan kakus) tetapi toilet juga bisa digunakan untuk mencari inspirasi dan lain-lain.

BAB 3 METODE PENELITIAN
A.          Metode Penelitian
Metode penelitian yang kami pilih untuk menyelesaikan masalah dan menjawab rumusan masalah adalah dengan mengguna metode penelitian yang berupa survey karena memang ini yang sangat cocok untuk dilakukan dilingkungan sekolah sekolah kami yang memiliki lebih dari 700 siswa-siswi.
B.           Populasi Dan Sampel
Dari 700 siswa/siswi yang berada di SMAN 2 kami hanya memilih beberapa orang siswa dari beberapa kelas yang ada si sekolah kami. Sampel yang kami ambil berjumlah 30 (tiga-puluh) orang yang diambil dari 6 kelas yang berbeda yaitu 2 dari kelas 10, 2 dari kelas 11, dan 2 lagi dari kelas 12. Tentu saja kami mengambilnya secara acak dan tidak ada rekayasa.







BAB 4 PEMBAHASAN
Setelah kami melakukan survey ini lah hasil yang kami dapatkan;
Soal:
No
Soal
Kelas 10
Kelas 11
Kelas 12
Ya
Tidak/Jarang
Tidak Sama Sekali
Ya
Tidak/Jarang
Tidak Sama Sekali
Ya
Tidak/Jarang
Tidak Sama Sekali
1
Apakah diadakan jadwal piket untuk untuk menjaga kebersihan toilet?
8
1
1
10


8
2

2
Apakah disediakan peralatan yang untuk menjaga agar toilet selalu bersih dan harum?
4
6

8
2
7
3


3
Apakah air memadai didalam bak toilet?

9
1
3
7


9
1
4
Apakah toilet sering dibersihkan?
1
8
1
4
6

4
6

5
Apakah setelah anda membuang air anda sering menyiram toilet?
10


10


10


6
Menurut anda bagaiman cara untuk menjaga kebersihan toilet dan mempertahankannya
Dibersihkan dan diberi pewangi dan juga setelah menggunakan toilet segera disiram atau dibersihkan.
Dengan cara menyiram setelah membuang air kecil, menjalankan jadwal piket yang sudah ada dan menyediakan pengharum toilet.
Dengan cara selalu membersihkan toilet, mencukupi ketersediaan air, menyiram toilet setelah mengunakannya.
Tabel 1.1
Jawaban diatas adalah jawaban yang paling banyak di tulis oleh responden. Tetapi kaim juga menerima jawaban yang sangat bagus dari kak Amalah dari kelas XII MIA 4, jawabanya sebagai berikut : “Menurut saya toilet itu harus selalu mempunyai air didalam bak. Karena salah satu penyebab seseorang tidak menyiram toilet karena tidak adanya air didalam bak, kemudian berikan tanggung jawab kepada kelas yang berada didekat toilet sehingga saat mengkoordinirnya lebih mudah dan bentuklah Tim Kedisplinan Kebersihan (TKK). ”
BAB 5 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami dapat dari penelitian ini adalah bahwa;
1.      Banyak yang sutuju dengan kami bahwa toilet disekolah kami kurang nyaman.
2.      Kami juga mengetahui bagaimana caranya agar toilet menjadi bersih dengan melakukan penelitian ini.
B.              Rekomendasi

Jika ingin melakukan penelitian yang selajuntnya lebih baik jika membuat lebih banyak pertanyaan agar mencakup keseluruhan masalah dari mulai penyebab sampai akibat. Agar dapat menyelesaikan masalah sampai ke akar-akarnya.

1 komentar: